Home > Weekly News > Honda Mobilio Hadir Membuat Peminat Grand Livina Berkurang

Honda Mobilio Hadir Membuat Peminat Grand Livina Berkurang

honda mobilio images

Honda Mobilio kini semakin menebar ancaman bagi para rivalnya yang telah terlebih dahulu hadir dan meramaikan pasar kendaraan paling gemuk di tanah air yaitu segment low MPV. Sejak melakukan debut perdana di ajang Indonesia International Motor Show pada bulan September yang lalu, respons public sangat positif terbukti dengan banyaknya jumlah calon konsumen yang melakukan indent untuk minivan yang satu ini.

Sepanjang pameran automotive terbesar di Asia Tenggara yang berlangsung selama 11 hari mulai tanggal 19 hingga 29 September 2013, tercatat sebanyak 2.508 unit mobil ini yang dipesan oleh konsumen atau sekitar 36.5 persen dari total sales produk Honda Prospect Motor untuk seluruh type dan variant yang berjumlah 6.868 buah kendaraan atau terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan HPM di ajang yang menjadi barometer otomotif tanah air tersebut.

Hingga bulan Oktober yang lalu, mobil 7 penumpang ini masih menjadi penyumbang terbesar dari total penjualan keseluruhan produsen otomotif berlambang H tersebut secara nasional mengungguli kompatriotnya disegment kendaraan keluarga New Freed dan Odyssey, citycar Brio dan Brio Satya, sedan Accord dan bahkan hatchback Jazz yang selama ini menjadi ujung tombak pemasaran line up mobil HPM di tanah air.

Kemudian timbul pertanyaan apakah kunci kesuksesan dari MPV menengah ini hingga mampu menarik minat masyarakat untuk memilikinya. Mobilio adalah produk pertama Honda yang dihadirkan khusus untuk pasar Indonesia. Dengan demikian mobil ini telah menyesuaikan dengan kebutuhan serta karakteristiki konsumen tanah air. Hal itu pula yang diyakini menjadi alasan utama keberhasilannya untuk menyeruak ditengah hegemoni para raksasa yang telah establish disegment prestisius ini.

Posisi harga yang cukup bersaing juga menjadi pertimbangan lainnya. Keberanian HPM untuk keluar dari pakem sebagai produsen autobile khusus segmen menengah atas dapat dikatakan telah menuai hasil yang menggembirakan. Dan konsumen pun mengapresiasi dengan antusias tinggi, nama besar Honda yang telah diakui sebagai produsen kendaraan berkualitas tinggi juga menjadi bahan pertimbangan yang tak dapat dikesampingkan.

Lalu bagaimana keberadaan MPV seven seater ini dimata para pesaingnya seperti mobil Grand Livina. Ternyata andalan dari Nissan Motor Indonesia ini merasakan imbas yang cukup signifikan dengan kehadiran Mobilio. Dampak paling berarti terutama terjadi pada kota kota besar di tanah air dimana tingkat pemesanan kendaraan untuk Livina terbaru mulai berkurang sejak kedatangan flagship baru Honda ini.

Namun demikian pihak NMI masih tidak terlalu khawatir dengan trend yang terjadi belakangan ini, mereka menganggap hal tersebut lazim dimana pasar cenderung akan kepada sebuah produk terbaru terutama bila sebuah produk tersebut memiliki sejumlah perbedaan disbanding model lain yang sudah ada. Psikologi pasar memang menyukai segala sesuatu yang fresh karena dianggap lebih up to date.

Karena itulah, pabrikan yang bermarkas di Yokohama itu masih merasa optimis dengan masa depan line up mereka terutama di segmen LMPV. Terlebih mereka masih memiliki produk unggulan lainnya yaitu Nissan Serena yang hadir dengan variant terbaru yang diluncurkan pada awal tahun 2013 ini. Meski turun untuk segmentasi pasar yang berbeda, namun kehadiran MPV besar ini tentu akan menambah brand awareness bagi NMI pada kelas kendaraan keluarga serbaguna.

Satu hal yang pasti, kehadiran Mobilio tentu akan semakin memanaskan tingkat rivalitas di segmen low MPV di tanah air. Menyambut tahun 2014, tentu sejumlah pabrikan maupun distributor telah menyiapkan strategi tersendiri demi untuk mempertahankan dan meningkatkan performa grafik penjualan untuk andalannya masing-masing.

  1. Harry Wahyudhy Utama
    February 20, 2014 at 7:07 am

    maknyyuuusss

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: